Jumat, 11 Juli 2014

MENDESAIN COVER BUKU DENGAN ADOBE ILLUSTRATOR



Buka Adobe Illustrator dan buat file baru berukuran A4. Mulai dengan membuat teks judul buku. Untuk buku ini, judul yang akan digunakan adalah "Materi Kajian Dasar Islam" dengan subjudul "Aqidah, Syariah, dan Khilafah". Teks "Islam" akan paling besar karena dianggap paling penting. Untuk font-nya gunakan League Gothic. Tambahkan Warp Bulge.
Selanjutnya, Anda bisa klik OK lalu mengatur setting Warping Bulge dari Baris Pilihan. Buat kotak di bawah teks. Lalu, buat lagi dua kotak kecil di depannya. Aktifkan kotak besar. Klik Object > Offset Path. Kita akan memperoleh bentuk lebih besar. Seleksi bentuk kotak besar tadi dan kedua kotak kecil di ujung. Pilih Divide di panel Pathfinder. Bentuk kotak tadi akan terpotong. Klik beberapa kali dengan tool Move lalu hapus bagian yang tidak diperlukan.
Buat lagi kotak di sisi paling kiri. Tambahkan titik baru dengan tengah. Aktifkan titik baru tadi dengan tool Direct Selection lalu geser ke dalam. Tambahkan Offset Path pada kotak sebelumnya. Seperti tadi buat bentuk baru yang lebih besar. Simpan di paling atas. Seleksi pita baru dan kotak besar. Aktifkan mode Minus Front di panel Pathfinder untuk memotongnya.
Inilah bentuk pita yang kita peroleh. Ini untuk bentuk pita di sisi lainnya. Tambahkan teks di atasnya dengan tipe font Antique Book Cover. Kelompokkan pita dan teks ke dalam sebuah grup dengan klik kanan dan pilih Group. Aktifkan Warp dari pilihan Transform. Pilih Arc. Di bagian atas teks besar, tambahkan beberapa garis. Seleksi semua garis ini dan simpan dalam sebuah group. Seleksi lalu klik kanan dan pilih Transform > Reflect. Pilih Vertical dan klik Copy untuk membuat duplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar